Selasa, 16 April 2019

Resensi Buku Orientasi baru dalam Psikologi Pendidikan














Judul Buku         : Orientasi baru dalam Psikologi Pendidikan
Pengarang          : Prof. Dr. Martini Jamaris, M.Sc.Ed.
Penerbit              : Ghalia Indonesia
Tahun terbit        : 2013
ISBN                  : 978-979-450-673-8
Pendidikan selalu mendapat perhatian oleh seluruh bangsa dan negara di dunia. Maju mundurnya sebuah bangsa dan negara dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusianya. Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan hasil suatu proses pendidikan. (Jamaris, 2013) Mulai dari hakikatnya, teori-teori serta beberapa konsep psikologi yang berkaitan dalam dunia pendidikan dan pembelajaran.
Psikologi pendidikan, perspektif perkembangan dan pertumbuhan manusia, neuroscience dan perkembangan manusia, kreativitas, inteligensi, behaviorisme dan pendidikan, kognitivisme dan pendidikan, konstrruktivisme dan pendidikan, humanisme dan pendidikan, motivasi dan pendidikan, individu berkebutuhan khusus, pengukuran dan evaluasi dalam pendidikan, serta psikologi pendidikan dan pendidik profesional.
Pada bab pertama yang membahas mengenai pendidikan dan psikologi pendidikan berisi tentang hakikat pendidikan, hakikat psikologi pendidikan, berbagai aliran psikologi, manusia sebagai subjek pendidikan serta mengenai mutu pendidikan.
Perspektif perkembangan dan pertumbuhan manusia yang merupakan bab kedua berisi tentang hakikat perkembangan, prinsip-prinsip perkembangan, tujuan mempeljari perkembangan manusia, konsep umur dan perkembangan, priode perkembangan manusia, proses pertumbuhan dan perkembangan manusia, berbagai isu tentang perkembangan manusia serta asesmen perkembangan.
Bab ketiga yang membahas neuroscience dan perkembangan manusia terdiri dari sepuluh pokok bahasan. Salah satu pokok bahasan itu adalah tentang struktur dan fungsi otak. Pada bab ini menjelaskan mengenai aktivitas otak kaitannya dalam pembelajaran dan pendidikan.
Bab keempat membahas mengenai kreativitas yang terdiri dari hakikat kretivitas, berbagai pandangan tentang kreativitas dan juga delapan pokok bahasan lainnya mengenai kreativitas. Bab ini memberikan penjelasan tentang kreativitas serta kaitannya dalam dunia pembelajaran, seperti dalam mengembangkan kreativitas anak didik.
Bab kelima membahas mengenai inteligensi yang terdiri dari dari hakikat inteligensi, teori-teorinya, dan beberapa bahasan mengenai IQ, EQ, dan SQ.
Bab keenam tentang behaviorisme dan pendidikan yang membahas seperti hakikat behaviorisme yang merupakan salah satu pendekatan dalam psikologi pendidikan. Kemudian juga mengenai teori-teori behaviorisme serta penerapannya dalam pendidikan dan pembelajaran.
Bab ketujuh membahas tentang kognitivisme dan pendidikan yang terdiri dari pandangan kognitivisme tentang belajar, serta beberapa penjelasan teori kognitif menurut para ahli.
Bab kedelapan tentang konstruktivisme dan pendidikan membahas kontstruktivisme dan kaitannya dalam pendidikan dan pembelajaran.
Bab kesembilan  membahas tentang humanisme dan pendidikan yang menjelaskan mengenai hakikat humanisme serta kaitannya dalam pendidikan dan pembelajaran.
Bab kesepuluh menjelaskan tentang motivasi dan pendidikan. Dalam bab ini akan dibahas mengenai hakikat motivasi, berbagai pandangan terhadap motivasi, beberapa penjelasan motivasi menurut teori para ahli serta motivasi dan kaitannya dalam pendidikan dan pembelajaran.
Bab kesebelas membahas mengenai individu berkebutuhan khusus, yang akan menjelaskan tentang hakikatnya, mcam-macamnya serta kaitannya dalam pendidikan atau proses pembelajaran.
Bab keduabelas membahas tentang pengukuran dan penilaian dalam pendidikan atau pembelajaran.
Pada bab yang terakhir, yakni bab ketigabelas membahas mengenai psikologi pendidikan dan pendidik profesional. Dalam bab ini akan dijelaskan tentang hakikat pendidik serta kompetensi-kompetensi pedagogi, profesional dan sosial berbasis psikologi pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar