Judul Buku :
Orientasi baru dalam Psikologi Pendidikan
Pengarang :
Prof. Dr. Martini Jamaris, M.Sc.Ed.
Penerbit
: Ghalia Indonesia
Tahun terbit
: 2013
ISBN
: 978-979-450-673-8
Pendidikan selalu mendapat perhatian oleh seluruh
bangsa dan negara di dunia. Maju mundurnya sebuah bangsa dan negara dipengaruhi
oleh kualitas sumber daya manusianya. Sumber daya manusia yang berkualitas
merupakan hasil suatu proses pendidikan. (Jamaris, 2013) Mulai dari hakikatnya,
teori-teori serta beberapa konsep psikologi yang berkaitan dalam dunia
pendidikan dan pembelajaran.
Psikologi pendidikan, perspektif perkembangan dan
pertumbuhan manusia, neuroscience dan perkembangan manusia, kreativitas,
inteligensi, behaviorisme dan pendidikan, kognitivisme dan pendidikan,
konstrruktivisme dan pendidikan, humanisme dan pendidikan, motivasi dan
pendidikan, individu berkebutuhan khusus, pengukuran dan evaluasi dalam
pendidikan, serta psikologi pendidikan dan pendidik profesional.
Pada bab pertama yang membahas mengenai
pendidikan dan psikologi pendidikan berisi tentang hakikat pendidikan, hakikat
psikologi pendidikan, berbagai aliran psikologi, manusia sebagai subjek
pendidikan serta mengenai mutu pendidikan.
Perspektif perkembangan dan pertumbuhan manusia
yang merupakan bab kedua berisi tentang hakikat perkembangan, prinsip-prinsip
perkembangan, tujuan mempeljari perkembangan manusia, konsep umur dan
perkembangan, priode perkembangan manusia, proses pertumbuhan dan perkembangan
manusia, berbagai isu tentang perkembangan manusia serta asesmen perkembangan.
Bab ketiga yang membahas neuroscience dan
perkembangan manusia terdiri dari sepuluh pokok bahasan. Salah satu pokok
bahasan itu adalah tentang struktur dan fungsi otak. Pada bab ini menjelaskan
mengenai aktivitas otak kaitannya dalam pembelajaran dan pendidikan.
Bab keempat membahas mengenai kreativitas yang
terdiri dari hakikat kretivitas, berbagai pandangan tentang kreativitas dan
juga delapan pokok bahasan lainnya mengenai kreativitas. Bab ini memberikan
penjelasan tentang kreativitas serta kaitannya dalam dunia pembelajaran,
seperti dalam mengembangkan kreativitas anak didik.
Bab kelima membahas mengenai inteligensi yang
terdiri dari dari hakikat inteligensi, teori-teorinya, dan beberapa bahasan
mengenai IQ, EQ, dan SQ.
Bab keenam tentang behaviorisme dan pendidikan
yang membahas seperti hakikat behaviorisme yang merupakan salah satu pendekatan
dalam psikologi pendidikan. Kemudian juga mengenai teori-teori behaviorisme
serta penerapannya dalam pendidikan dan pembelajaran.
Bab ketujuh membahas tentang kognitivisme dan
pendidikan yang terdiri dari pandangan kognitivisme tentang belajar, serta
beberapa penjelasan teori kognitif menurut para ahli.
Bab kedelapan tentang konstruktivisme dan
pendidikan membahas kontstruktivisme dan kaitannya dalam pendidikan dan
pembelajaran.
Bab kesembilan membahas tentang humanisme
dan pendidikan yang menjelaskan mengenai hakikat humanisme serta kaitannya
dalam pendidikan dan pembelajaran.
Bab kesepuluh menjelaskan tentang motivasi dan
pendidikan. Dalam bab ini akan dibahas mengenai hakikat motivasi, berbagai
pandangan terhadap motivasi, beberapa penjelasan motivasi menurut teori para
ahli serta motivasi dan kaitannya dalam pendidikan dan pembelajaran.
Bab kesebelas membahas mengenai individu
berkebutuhan khusus, yang akan menjelaskan tentang hakikatnya, mcam-macamnya
serta kaitannya dalam pendidikan atau proses pembelajaran.
Bab keduabelas membahas tentang pengukuran dan
penilaian dalam pendidikan atau pembelajaran.
Pada bab yang terakhir, yakni bab ketigabelas
membahas mengenai psikologi pendidikan dan pendidik profesional. Dalam bab ini
akan dijelaskan tentang hakikat pendidik serta kompetensi-kompetensi pedagogi,
profesional dan sosial berbasis psikologi pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar