Selasa, 16 April 2019

Resensi Buku Psikologi Bermain Anak Usia Dini














Judul Buku : Psikologi Bermain Anak Usia Dini
Penulis  : Diana Mutiah
Penerbit : Kencana Prenada Media Group
Tahun Terbit : 2010
ISBN : 978-602-8730-10-5
Psikologi adalah bidang ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang tingkah laku manusia dan binatang melalui studi organisme dalam variasi dan kerumitanya untuk melakukan respon terhadap berbagai perubahan yang terjadi di lingkungan. Apa sih yang dimaksud psikologi pendidikan anak usia dini? Psikologi pendidikan anak usia dini juga merupakan cabang ilmu psikologi pendidikan yang mengkaji tentang anak usia dini untuk memberikan stimulasi secara logis, sistematis dan terencana sejak dini serta pemberian rangsangan pendidikan secara tepat agar potensi anak, pertumbuhan dan perembanganya dapat berkembang secara optimal sehingga anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Secara alamiah pertumbuhan dan perkembangan anak berbeda-beda dan unik, baik kepribadian nya, gaya pembelajaran dan latar belaang keluarganya. Karena keunikanya,dalam jurnal PADU dibagi dalam empat tahapan yaitu : Masa bayi (0 – 12 bulan), Masa batita (1 – 3 tahun), Masa pra sekolah (3 – 6 tahun), Masa kelas awal SD (6-8 tahun)
Bermain merupakan kegiatan yang dilakukan dengan bahan, benda, anak lain, dukungan orang dewasa dan dengan rasa senang, sehingga kegiatan bermain menjadi menyenangkan yang akan menghasilkan proses belajar pada anak dan membantu anak berkembang secara optimal.
Ragam permainan bagi anak usia dini,seperti bagaimana permainan dengan angka. Burns dalam bukunya Math Solution menunjukkan bagaimana konsep matematika terbentuk pada anak bahwa anak usia tiga tahun kelompok bilangan seperti aritmetika dan berhitung, geometri, pola dan fungsinya, ukuran-ukuran, grafik, estimasi, pemecahan masalah dan probabilitas. Permainan dengan huruf dapat dilakukan melalui belajar secara bertahap dengan materi-materi sensoris awal untuk mempersiapkan pikiran, mata dan tangan anak-anak. Kontrol otot mata dengan tangan, kontrol otot kecil, dan koordinasi telah berkembang dan diperkuat bersamaan dengan penajaman indra anak. Melalui pengendalian benda bertombol dengan ibu jari dan dua jari pertama serta latihan-latihan dengan sisipan-sisipan bangun geometris, tangan anak akan siap menggerakkan atau memainkan pensil dengan mudah. Huruf-huruf sandpaper dapt memungkinkan anak merasakan bentuk huruf kemudian mampu menelusuri arah bagaimana huruf-huruf itu ditulis. Bermain melalui gerak dan lagu, dimana dengan menggerakan tubuhnya anak dapat melepaskan energi yang terpendam dalam tubuhnya sehingga aktivitas tersebut sangat baik bagi eosi anak. Permainan kreatif dapat dilakukan melalui bermain secara bebas agar anak mulai bereksplorasi terhadap dunianya dengan mencoba kemungkinan yang ada dan mengungkapkan ide permainan sehingga anak mendapat pengalaman baru ataupun melihat sesuatu dengan cara yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar