Judul Buku : Psikologi Bermain Anak Usia Dini
Penulis : Diana Mutiah
Penerbit : Kencana Prenada Media Group
Tahun Terbit : 2010
ISBN : 978-602-8730-10-5
Penulis : Diana Mutiah
Penerbit : Kencana Prenada Media Group
Tahun Terbit : 2010
ISBN : 978-602-8730-10-5
Psikologi
adalah bidang ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang tingkah laku manusia dan
binatang melalui studi organisme dalam variasi dan kerumitanya untuk melakukan
respon terhadap berbagai perubahan yang terjadi di lingkungan. Apa sih yang
dimaksud psikologi pendidikan anak usia dini? Psikologi pendidikan anak usia
dini juga merupakan cabang ilmu psikologi pendidikan yang mengkaji tentang anak
usia dini untuk memberikan stimulasi secara logis, sistematis dan terencana
sejak dini serta pemberian rangsangan pendidikan secara tepat agar potensi
anak, pertumbuhan dan perembanganya dapat berkembang secara optimal sehingga
anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Secara alamiah pertumbuhan
dan perkembangan anak berbeda-beda dan unik, baik kepribadian nya, gaya
pembelajaran dan latar belaang keluarganya. Karena keunikanya,dalam jurnal PADU
dibagi dalam empat tahapan yaitu : Masa bayi (0 – 12 bulan), Masa batita (1 – 3
tahun), Masa pra sekolah (3 – 6 tahun), Masa kelas awal SD (6-8 tahun)
Bermain
merupakan kegiatan yang dilakukan dengan bahan, benda, anak lain, dukungan
orang dewasa dan dengan rasa senang, sehingga kegiatan bermain menjadi
menyenangkan yang akan menghasilkan proses belajar pada anak dan membantu anak
berkembang secara optimal.
Ragam
permainan bagi anak usia dini,seperti bagaimana permainan dengan angka. Burns
dalam bukunya Math Solution menunjukkan bagaimana konsep matematika terbentuk
pada anak bahwa anak usia tiga tahun kelompok bilangan seperti aritmetika dan
berhitung, geometri, pola dan fungsinya, ukuran-ukuran, grafik, estimasi,
pemecahan masalah dan probabilitas. Permainan dengan huruf dapat dilakukan
melalui belajar secara bertahap dengan materi-materi sensoris awal untuk
mempersiapkan pikiran, mata dan tangan anak-anak. Kontrol otot mata dengan
tangan, kontrol otot kecil, dan koordinasi telah berkembang dan diperkuat
bersamaan dengan penajaman indra anak. Melalui pengendalian benda bertombol
dengan ibu jari dan dua jari pertama serta latihan-latihan dengan
sisipan-sisipan bangun geometris, tangan anak akan siap menggerakkan atau
memainkan pensil dengan mudah. Huruf-huruf sandpaper dapt memungkinkan anak
merasakan bentuk huruf kemudian mampu menelusuri arah bagaimana huruf-huruf itu
ditulis. Bermain melalui gerak dan lagu, dimana dengan menggerakan tubuhnya
anak dapat melepaskan energi yang terpendam dalam tubuhnya sehingga aktivitas
tersebut sangat baik bagi eosi anak. Permainan kreatif dapat dilakukan melalui
bermain secara bebas agar anak mulai bereksplorasi terhadap dunianya dengan
mencoba kemungkinan yang ada dan mengungkapkan ide permainan sehingga anak
mendapat pengalaman baru ataupun melihat sesuatu dengan cara yang baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar