Judul Buku : Psikologi Pendidikan
Penulis
: Drs. M. Ngalim Purwanto, MP
Penerbit
: CV. Remadja Rosdakarya
Tahun
terbit : 1988
Psikologi pendidikan adalah psikologi yang diterapkan di dalam pendidikan. Selanjutnya dijelaskan pula di dalam encyclopedia bahwa belajar yang efisien juga dipengaruhi oleh iklim belajar yang mencakup keadaan fisik, sosial, minat, sikap, sifat-sifat kepribadian, dan sebagainya. Psikologi pendidikan adalah cabang dari psikologi yang dalam penguraian dan penelitiannya lebih menekankan pada masalah perumbuhan dan perkembangan anak, baik fisik maupun mental, yang sangat erat hubungannya dengan masalah pendidikan.
Psikologi pendidikan merupakan ilmu yang memusatkan dirinya pada penemuan dan aplikasi prinsip-prinsip dan teknik-tenik psikologi ke dalam pendidikan, maka ruang lingkup psikologi pendidikan mencakup topik-topik psikologi yang erat huungannya dengan pendidikan, antara lain:
1.
Sampai
sejauh mana faktor-faktor pembawaan dan lingkungan berpengaruh terhadap
belajar;
2.
Sifat-sifat
dari proses belajar;
3.
Hubungan
antara tingkat kematangan dengan kesiapan belajar;
4.
Signifikansi
pendidikan terhadap perbedaan-perbedaan individual dalam kecepatan dan
keterbatasan belajar;
5.
Perubahan-perubahan
jiwa yang terjadi selama belajar;
6.
Hubungan
antara prosedur-prosedur mengajar dengan hasil mengajar;
7.
Teknik-teknik
yang sangat efektif bagi penilaian kemajuan dalam belajar;
8.
Pengaruh/akibat
relatif dari pendidikan formal dibandingkan dengan pengalaman-pengalaman
belajar yang insidental dan informal terhadap suatu individu;
9.
Nilai/manfaat
sikap ilmiah terhadap pendidikan bagi warga sekolah;
10. Akibat/pengaruh psikologis yang ditimbulkan oleh kondisi-kondisi
sosiologis terhadap sikap para siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar