Selasa, 16 April 2019

Resensi Buku Psikologi Pendidikan






Judul Buku : Psikologi Pendidikan
Penulis : Drs. M. Ngalim Purwanto, MP
Penerbit : CV. Remadja Rosdakarya
Tahun terbit : 1988

Psikologi pendidikan adalah psikologi yang diterapkan di dalam pendidikan. Selanjutnya dijelaskan pula di dalam encyclopedia bahwa belajar yang efisien juga dipengaruhi oleh iklim belajar yang mencakup keadaan fisik, sosial, minat, sikap, sifat-sifat kepribadian, dan sebagainya. Psikologi pendidikan adalah cabang dari psikologi yang dalam penguraian dan penelitiannya lebih menekankan pada masalah perumbuhan dan perkembangan anak, baik fisik maupun mental, yang sangat erat hubungannya dengan masalah pendidikan.
Psikologi pendidikan merupakan ilmu yang memusatkan dirinya pada penemuan dan aplikasi prinsip-prinsip dan teknik-tenik psikologi ke dalam pendidikan, maka ruang lingkup psikologi pendidikan mencakup topik-topik psikologi yang erat huungannya dengan pendidikan, antara lain:
1.      Sampai sejauh mana faktor-faktor pembawaan dan lingkungan berpengaruh terhadap belajar;
2.      Sifat-sifat dari proses belajar;
3.      Hubungan antara tingkat kematangan dengan kesiapan belajar;
4.      Signifikansi pendidikan terhadap perbedaan-perbedaan individual dalam kecepatan dan keterbatasan belajar;
5.      Perubahan-perubahan jiwa yang terjadi selama belajar;
6.      Hubungan antara prosedur-prosedur mengajar dengan hasil mengajar;
7.      Teknik-teknik yang sangat efektif bagi penilaian kemajuan dalam belajar;
8.      Pengaruh/akibat relatif dari pendidikan formal dibandingkan dengan pengalaman-pengalaman belajar yang insidental dan informal terhadap suatu individu;
9.      Nilai/manfaat sikap ilmiah terhadap pendidikan bagi warga sekolah;
10.  Akibat/pengaruh psikologis yang ditimbulkan oleh kondisi-kondisi sosiologis terhadap sikap para siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar